Beberapa Jenis Ayam Unggulan Sabung Ayam

Sabung ayam merupakan jenis permainan dua ekor adu ayam jantan pada sebuah kalangan ataupun arena. Permainan berlangsung hingga kedua ayam kalah atau mati. Permainan Sabung ayam pada saat ini bukan lagi dijadikan sebagai aktifitas hobi, tetapi menjadi perjudian yang berlangsung di arena kalangan.




Aktifitas menyabung ayam ini sudah dimainkan sejak zaman kerajaan Demak. Dari salah satu cerita rakyat dulu seorang pangeran yang bermain sabung ayam serta bertemu dengan ayahandanya yang tengah membuang ibundanya.

Permainan sabung ayam sampai saat ini telah mendarah daging di indonesia maupun di seluruh dunia. Sampai saat ini yang kita ketahui Jenis Ayam Unggulan Sabung ayam dari jaman dulu sampai sekarang hanyalah Ayam bangkok. Sangat banyak pengsabung memilih ayam bangkok yang di jadikan jagoan di kalangan ( arena ) dikarenkan memang sudah tidak diragukan lagi kualitas serta kemampuan bertarung ayam bangkok tentunya sangat luar biasa.

Akan tetapi bukan tidak ada ayam aduan lain yang tidak bisa bersaing dengan ayam bangkok. Ada banyak jenis ayam jago yang memiliki kualitas tersendiri serta kemampuan bertarungnya masing-masing. akan kita bahas beberapa ayam yang tidak kalah dari jenis ayam aduan dari thailand tersebut.

Sabung ayam tentunya berbeda dengan ayam koleksi atau ayam hias, ayam petelur maupun ayam pedaging. Adu Ayam tentunya ayam yang harus memiliki kemampuan dalam hal bertarung dengan fisik serta karakter yang berkualitas. Seperti beberapa jenis ayam unggulan sabung ayam Brazil, Malaysia, Colombia, Peru, Burma, Filipina, Bangkok, dan banyak lagi lainnya.

Dibawah ini kita akan ulas Beberapa Jenis Ayam unggulan Sabung Ayam meliputi :


1. Ayam Bangkok

Sabung ayam, adu Ayam, Ayam bangkok, Sabung Ayam Bangkok


Ayam bangkok merupakan raja ayam dari jaman dulu, ayam satu ini dijuliki raja ayam di karenakan sangat tangguh  dengan kualitas kemampuannya saat bertarung di arena sabung ayam dan tidak terkalahkan. 

2. Ayam Burma ( Birma )

Beberapa Jenis Ayam Unggulan Sabung Ayam


Ayam Burma merupakan ayam liar yang berasal dari burma ( myanmar ). Ayam kampung burma ini juga memiliki kualitas bertarung yang bagus. Dengan bentuk postur tubuh yang mungil ( kecil ) ayam ini memiliki kecepatan dan kelincahan untuk menyerang dan menghindar dari serangan lawan dalam arena sabung ayam. Ayam burma ini juga di jadikan koleksi oleh penggemar Sabung Ayam.

3. Ayam Siam

Sabung ayam, adu Ayam


Ayam siam merupakan Ayam petarung yang banyak penggemarnya untuk dibudidaya di Indonesia. Ayam Siam ini biasanya dilatih secara khusus untuk turun kebeberapa pertandingan Sabung ayam. Ayam satu ini memiliki kemampuan bertarung dengan banyak gaya yang variatif.  Perfoma yang cukup baik dan mental baja pada saat bertarung berada pada ayam siam satu ini dengan pukulan yang juga termaksud keras dan mematikan.

4. Ayam Shamo

 Ayam bangkok


Ayam shamo merupakan jenis ayam unggulan yang berasal dari negri Jepang ( jepun ). Ayam shamo memiliki postur tubuh yang tinggi serta tegap. Meski postur tubuh ayam shamo tidak sebesar ayam bangkok tetapi ayam shamo memiliki karakteristik pada tubuhnya yang atlhetis daripada ayam laga lainnya. Kualitas bertarung dengan gaya pukulan yang dilepaskan pada titik-titik sensitif sangat akurat dari ayam shamo, seperti telinga mata untuk dapat melumpukan lawan.


5. Ayam Saigo

Sabung Ayam Bangkok


Ayam Saigon adalah salah satu ayam kawinsilang yang telah di kembang kan oleh masyarakat di vietnam. Ayam saigon masuk ke negara indonesia sesudah ayam bangkok,tetapi kepopuleran ayam saigo sangat sedikit peminatnya di indonesia. 

Ciri ayam saigon Vietnam dibagian kepalanya tidak memiliki bulu dari ayam lain biasanya serta memiliki bulu ekor yang pendek.

6. Ayam Peru ( Peruvian )

Sabung Ayam


Ayam peruvian berasal dari negara peru. Ayam peru sering masuk ke dalam pertandingan yang diselenggarakan secara nasional di salah satu negara di amerika latin.

Keunggulan ayam peruvian ini sering di beli senjata piso atau taji untuk ketrampilan pertandingan Sabung ayam di Peru. Gerakan ayam peru juga memiliki power yang besar serta cara bertarungnya yang hebat saat melakukan gerakan cepat menghindar ataupun menyerang lawannya.

7. Ayam Filipina

Ayam Unggulan Sabung Ayam

Ayam filipina merupakan jenis ayam laga yang terpopuler pada komunitas penggemar sabung ayam. Memiliki postur tubuh yang kekar serta bulu yang lebat dan indah. Warna bulu yang beragam dengan berbagai warna seperti kuning, merah, hijau, serta putih.


Nah, demikian beberapa jenis ayam yang unggul pada pertandingan Sabung ayam. Semoga informasi yang diberikan bisa membantu kalian untuk mendapatkan ayam yang unggul untuk dijadikan jagoan di arena pertandingan Sabung ayam.